PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PHET TERHADAP PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA DI SMA NEGERI 4 GORONTALO

ANISA D. LANTAMU (441419007)
Skripsi
Pembimbing
Prof. Dr. Opir Rumape, M.Si. (0003095804)
Dr. Masrid Pikoli, S.Pd., M.Pd. (0014087301)
Tanggal Upload
24-07-2023
Abstract

Anisa D. Lantamu, 2023. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kimia Berbasis PhET Terhadap Penguasaan Konsep Peserta Didik Pada Materi Asam Basah di SMA Negeri 4 Gorontalo. Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakulatas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis PhET terhadap penguasaan konsep pada materi asam basa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Gorontalo pada bulan November-april 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode experimen dan desain penelitian adalah one grup pretest-posttest. Instrumen yang di gunakan dalam penelitian ini adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan uji normalitas mengunakan uji Liliefors dan uji homogenitas, dan dilanjutkan dengan uji signifikasi menggunakan uji “t” diperoleh thitung =3,20. Sedangkan ttabel pada taraf signifikasi 5% = 1,684 dengan kata lain thitung > ttabel. Maka dapat di simpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha yang menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan menggunakan media pembelajaran berbasis PhET terhadap penguasaan konsep siswa pada materi asam basa di SMA Negeri 4 Gorontalo diterima. Jadi pembelajaran dengan menggunakan media berbasis PhET memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan konsep siswa. Kata kunci:Media PhET, Penguasaan Konsep, Asam Basa