Vifidiawati I Kasad, 421419016. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kolaboratif Jire Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Ritin Uloli, S.Pd, M.Pd Dan Pembimbing 2 Dr. Nova Elysia Ntobuo S.Pd, M.Pd Penelitian ini dilakukan disekolah SMA Negeri 1 Kabila dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kolaboratif jire terhadap hasil belajar siswa pada materi elastisitas dan hukum hooke. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kabila. Pengumpulan data dilakukan dengan cara test tertulis berupa pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan metode penelitian quasi ekasperimen dengan menggunakan kelas eksperimen, replikasi 1 dan replikasi 2 yang digunakan untuk melihat konsistensi pengaruh dari hasil belajar siswa. Untuk penggunaan kelas replikasi pada penelitian quasi eksperimen dimana replikasi itu sendiri adalah pengulangan dari kelas eksperimen, agar menghasilkan taksiran yang lebih baik dan melihat konsistensi hasil yang diperoleh. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran kolaboratif jire dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukan melalui kriteria pengujian hipotesis dimana untuk kelas eksperimen t hitung 11,00 lebih besar dari t tabel 2,032, untuk kelas replikasi 1 t hitung 10,57 lebih besar dari t tabel 2,035, dan untuk kelas replikasi 2 t hitung 9,42 lebih besar dari t tabel 2,032 dapat disimpulkan bahwa pengujian hipotesis yaitu t hitung lebih besar dari t tabel , hal ini dapat diartikan bahwa model pembelajaran kolaboratif jire berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci : hasil belajar, model pembelajaran kolaboratif jire.