Santika Bouty. 2023. “Pengelolaan Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Kabila”. Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan, Pembimbing I Dr. Arifin Suking, M.Pd dan Pembimbing II Intan Abdul Razak, S.Ag., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler: (1) kepramukaan; (2) kerohanian; (3) kesenian; dan (4) olahraga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan pengecekan keabsahan data melalui triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kegiatan ekstrakrurikuler pramuka dalam pengelolaannya diawali dari proses identifikasi kebutuhan terhadap potensi, minat serta bakat yang dimiliki oleh setiap peserta didik. Kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan berdampak pada pembentukan kepribadian anak menjadi lebih mandiri, mampu berorganisasi sekaligus memiliki jiwa kepemimpinan melalui kegiatan perkemahan, menjelajah alam, semafor, pionering, tali temali, latihan baris berbaris dan P3K; (2) kegiatan ekstrakurikuler kerohanian dalam pengelolaannya diwali dari penyusunan program dengan bekerjasama dengan kepala sekolah dengan guru agama tentang program yang dimasukan pada ekstrakurikuler kerohanian. Kegiatan ekstrakurikuler kerohanian berdampak pada pengembangan akhlaq dan nilai religius siswa melalui kegiatan sholat, literasi pengetahuan agama Islam, pildasis, baca tulis Al-Qur’an, hafalan doa dan surah-surah pendek dan perayan hari besar islam (PHBI); (3) kegiatan ekstrakurikuler kesenian dalam pengelolaannya diawali dengan mengidentifikasi kegiatan seni berdasarkan minat dan bakat siswa. Kegiatan ekstrakurikuler kesenian memberikan pengalaman praktik berkesenian bagi siswa baik dari seni musik, seni tari dan seni rupa dan mengintegrasiakan nilai cinta budaya, keberanian, kebersamaan, percaya diri, kerjasama, ketekunan, cinta tanah air, kreativitas, jiwa nasionalis toleransi; (4) kegiatan ekstrakurikuler olahraga dalam pengelolaannya diawali dengan melihat keragaman potensi peserta didik dan minatnya dibidang olahraga. Kegiatan ekstrakurikuler olahraga mengarahkan pada pembiasaan pola hidup sehat melalui aktivitas olahraga dan mengutamakan nilai sportivitas dan fair play dalam setiap pertandingan. Untuk itu disarankan (1) sekolah, sebaiknya meningkatkan berbagai fasilitas yang digunakan dalam kegiatan ekstrakurikuler sekaligus meningkatkan kapasitas pembina agar kegiatan ekstrakurikuler lebih berkualitas; (2) kepala sekolah, sebaiknya melakukan monitoring ataupun pengawasan secara intensif terhadap setiap kegiatan ekstrakurikuler; (3) guru, sebaiknya memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif pada kegiatan ekstrakurikuler untuk mengoptimalkan potensi serta bakat yang mereka dimiliki.