ENJELIA MANGANCO 2023, Pengelolaan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 3 Gorontalo.Skripsi. Pembimbing I Prof. Dr. Novianty Djafri, S.Pd., M.Pd.I dan Pembimbing II Zulystiawati, PhD. Penelitian ini mengkaji tentang pengelolaan kurikulum merdeka belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perencanaan pembelajaran dalam kurikulum merdeka belajar; dan, 2) pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri 3 Gorontalo 3) evaluasi pembelajaran kurikkulum merdeka belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuatitatif dengan jenis penelitian deskriptif explanatory. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket), wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran dalam kurikulum merdeka belajar berada pada kategori baik dengan presentase 88,53% , (2) Pelaksanaan pembelajaran dalam kurikulum merdeka belaajar berada pada kategori baik dengn presentase 87,15%, (3) evaluasi kurikulum merdeka belajar pada kategori baik dengan presentase 87,50%. Untuk itu di sarankan: (1) Untuk guru, diharapkan lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan pembelajaran di kelas pada kurikulum merdeka belajar, diharapkan guru selalu mengikuti pelatihan-pelatihan yang akan dilaksanakan di sekolah dari dinas pendidikan maupun Kementrian pusat, diharapkan kepada guru untuk lebih membimbing para siswa dalam kerja proyek tentang semua pembelajaran, (2) Untuk penelitian selanjutnya, di harapkan dapat dijadikan sebagai bahan referensi untuk peneliti selanjutnya dilokasi yang berbeda, diharapkan dapat melakukan penelitian yang lebih luas salah satu contoh yaitu implementasi kurikulum merdeka belajar, (3) Untuk meningkatkan kompetensi guru, diharapkan mengikuti kegiatan seminar, workshop, dan berbagi praktik baik berbasis platfrom kurikulum merdeka belajar dan harus memahami penilian yang bersifat sumatif Kata Kunci : perencanaan, pelaksanaan, evaluasi