Safitri. 2023. Penerapan Pembelajaran Berbantuan Google Classroom terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Gerak di SMA Negeri 2 Gorontalo. Program Studi S1 Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Ani M. Hasan, M.Pd (2) Dr. Lilan Dama, S.Pd, M.Pd Google Classroom merupakan aplikasi yang menjadi alternative yang tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran karena dinilai mampu memudahkan siswa dan guru agar terhubung, baik ketika tatap muka di kelas maupun online di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar siswa melalui pembelajaran berbantuan Google Classroom pada materi sistem gerak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilaksanakan di kelas XI-9 SMA dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang. Instrumen penelitian yang digunakan lembar observasi pengelolaan kelas oleh guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data statistic deskriptif serta didukung dengan analisis N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbantuan Google Classroom terlaksana dengan baik dan keterlaksanaan aktivitas siswa juga berjalan dengan baik serta mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Sedangkan nilai rata-rata N-Gain yang didapatkan dari tes hasil belajar siswa pada pertemuan pertama adalah 0.73 dengan kriteria tinggi, pada pertemuan kedua 0.79 dengan kriteria tinggi dan pada pertemuan ketiga 0.78 dengan kriteria tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbantuan Google Classroom efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Berbantuan Google Classroom; Hasil Belajar Siswa