Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains ditinjau dari gaya belajar pada topik laju reaksi. Metode dalam penelitian ini adalah factorial 2 x 3. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 28 siswa sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran PBL dan 30 siswa sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen angket gaya belar dan tes essay kemampuan literasi sains, adapun hasil validitas instrumen tes essay yakni 95,3%, reabilitasnya sebesar 0,464. Sedangkan untuk hasil validasi instrumen angket yakni 100?n reabilitasnya sebesar 0.766 (gaya belajar visual), 0,626 (gaya belajar auditori) dan 0,722 (gaya belajar kinestetik). Hasil penelitian menunjukkan hipotesis I diuji korelasi menunjukkan bahwa Nilai Sig. (1-tailed) = 0,030 < 0 xss=removed xss=removed> 0,05, sehingga hipotesis nol (H0) tidak ditolak. Artinya tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran PBL dan gaya belajar terhadap kemampuan literasi sains pada topik laju reaksi. Kata Kunci : Kemampuan Literasi Sains, PBL, Gaya Belajar dan Laju Reaksi