KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA PELAYANAN PENDAFTARAN PENDUDUK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW TIMUR

GALANG B.P. MOKOAGOW (221419053)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Udin Hamim, S.Pd., S.H., M.Si (0014087603)
Dr. Ramli Mahmud, S.Pd., MA (0903058201)
Tanggal Upload
05-09-2024
Abstract

Galang Bagus Pribadi Mokoagow Nim 221419053 dengan judul “Kualitas Pelayanan Publik Pada Pelayanan Pendaftaran Penduduk Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Bolaang Mongondow Timur” yang di bimbing oleh Dosen Pembimbing I Dr. Udin Hamim, S.Pd., SH., M.Si dan Dosen Pembimbing II Dr. Ramli Mahmud, S.Pd., MA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas layanan publik dalam pendaftaran penduduk di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menemukan beberapa hal penting. Pada dimensi tangible, terdapat kekurangan fasilitas pendukung seperti kipas angin, AC, pengeras suara, dan bacaan, yang berakibat pada pengalaman yang kurang memuaskan bagi masyarakat yang menunggu layanan. Di sisi lain, dalam dimensi reliability, Disdukcapil Kabupaten Bolaang Mongondow Timur mampu memberikan layanan yang cepat dan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP), serta biaya yang transparan. Pegawai dinilai responsif dan ramah dalam menjawab pertanyaan masyarakat. Selain itu, faktor yang menghambat kualitas pelayanan dapat dibagi menjadi dua kategori utama: Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sarana Prasarana. Dari segi SDM, kualifikasi pendidikan dan keahlian pegawai Disdukcapil sudah memenuhi standar yang diharapkan. Namun, ada kesenjangan dalam literasi digital antara petugas dan masyarakat, serta tantangan dalam mengatasi masalah literasi digital. Oleh karena itu, diperlukan program pendidikan dan pelatihan intensif untuk meningkatkan literasi masyarakat dalam layanan digital. Di samping itu, sarana dan prasarana menjadi kendala utama, terutama terkait dengan kurangnya gedung kantor dan fasilitas pendukung seperti ruang tunggu dan kamar mandi. Meskipun terdapat keterbatasan anggaran, Dinas sedang melakukan evaluasi dan mencari solusi alternatif untuk meningkatkan infrastruktur. Upaya ini diharapkan dapat mengatasi kendala yang ada dan meningkatkan kualitas pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan; Kependudukan; Dukcapil Bolaang Mongondow Timur