Ekowanto. 221416005. 2023. Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Di SMPN 4 Bunobogu. Program Studi Pendidikan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan , Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd dan Pembimbing 2 Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc Permasalahan utama penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi perumusan dan penerapan pancasila sebagai dasar negara. Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada materi perumusan dan penerapan pancasila sebagai dasar Negara melalui model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments. Hipotesis tindakan adalah jika digunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) pada mata pembelajaran PPKN meteri perumusan dan penerapan pancasila sebagai dasar negara, Maka hasil belajar peserta didik akan meningkat. Peserta didik yang dikenai tindakan adalah 12 orang siswa kelas VII SMP Negeri 4 Bunobogu , tahun ajaran 2022/2023. Data penelitian ini diperoleh dari tes hasil belajar peserta didik dan lembar observasi peserta didik dan lembar observasi guru. Hasil penelitian menunjukkan kualitas kegiatan belajar mengajar mengalami peningkatan. Capaian presentase setiap kriteria penilaian pertemuan pertama dan kedua siklus I yaitu SB 10,5%, B 42%, C 47?n SB 15,7%, B 74?n C 10,5% . Dan pada siklus II presentasi pencapaian setiap kriteri penilaian pertemuan pertama dan kedua meningkat menjadi SB 31,5%, 68,4?n SB 74?n 26,3%. Hasil belajar peserta didik pada materi perumusan dan penerapan pancasila sebagai dasar Negara, setelah diberi tindakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments hasil belajar pserta didik mengalami peningkatan Kata kunci: Hasil belajar peserta didik, pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments