PENGARUH PERILAKU PENGGUNAAN FILTER KECANTIKAN TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWI DALAM BERKOMUNIKASI MELALUI INSTAGRAM DENGAN KETIDAKPUASAN TUBUH SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR (STUDI PADA MAHASISWI AKTIF JURUSAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO)

NURWAIDA EKSAN (291421086)
Skripsi
Pembimbing
Citra Fransisca Indah Lestari Dano Putri, S.Pd., M.I.Kom (0008108407)
Gita Juniarti, S.Kom.I., M.I.Kom (0008069405)
Tanggal Upload
17-05-2025
Abstract

Nurwaida Eksan, 2025 “Pengaruh Perilaku Penggunaan Filter Kecantikan Terhadap Kepercayaan Diri Mahasiswi Dalam Berkomunikasi Melalui Instagram Dengan Ketidakpuasan Tubuh Sebagai Variabel Mediator (Studi Pada Mahasiswi Aktif Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Gorontalo)”. Program Studi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Citra F.I.L Dano Putri, S.Pd., M.I.Kom dan Pembimbing II Ibu Gita Juniarti, S.Kom.I., M.I.Kom Penggunaan filter kecantikan di media sosial semakin marak digunakan oleh para remaja, termasuk remaja di Gorontalo. Filter kecantikan tersebut tersedia di berbagai media sosial, salah satunya di Instagram. Penggunaan filter kecantikan dinilai mampu meningkatkan daya tarik visual dalam konten, namun di sisi lain penggunaan filter juga berpotensi menimbulkan ketidakpuasan terhadap tubuh yang tinggi ketika realitas fisik tidak sesuai dengan citra yang dibentuk di dunia maya. Hal ini akan sangat berdampak pada tingkat kepercayaan diri dalam berkomunikasi dan berinteraksi di dunia digital maupun di dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perilaku penggunaan filter kecantikan terhadap kepercayaan diri mahasiswi dalam berkomunikasi melalui Instagram dengan ketidakpuasan tubuh sebagai variabel mediator berdasarkan pengaruh langsung dan tidak langsung (melalui mediasi). Penelitian ini menggunakan metode campuran (mix methods) dengan desain Sequantial Explanatory, yakni kuantitatif lebih dominan dan kualitataif sebagai pendukung. Data kuantitatif diperoleh dengan cara penyebaran kuesioner kepada 203 mahasiswi aktif Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Gorontalo yang sering menggunakan filter kecantikan di media sosial salah satunya Instagram. Data tersebut dianalisis menggunakan uji regresi linear berganda dan analisis jalur mediasi (bootsrtapping). Selanjutnya, data kualitatif diperoleh melalui wawancara mendalam kepada 6 mahasiswi yang dipilih berdasarkan pilihan jawaban setuju dan sangat setuju pada kuesioner kuantitatif dan dianalisis dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing model pengaruh langsung dan tidak langsung (melalui mediasi) berpengaruh positif dan signifikan, dimana ketidakpuasan tubuh berperan sebagai mediasi parsial (Partial Mediation), yakni memediasi sebagaian pengaruh perilaku penggunaan filter kecantikan terhadap kepercayaan diri sebesar 44,5?n 55,5% dipengaruhi langsung. Semakin tinggi penggunaan filter kecantikan karena adanya paparan dari standar kecantikan, maka semakin besar pula seseorang akan merasakan ketidakpuasan terhadap tubuh, dan pada akhirnya berdampak pada menurunnya rasa percaya diri. Perlu disadari bahwa pentingnya kesadaran dalam penggunaan filter kecantikan karena berdampak terhadap kepercayaan diri dan kesehatan mental dari pengguna filter tersebut. Kata Kunci: Filter Kecantikan, Ketidakpuasan Tubuh, Kepercayaan Diri, Media Sosial, Instagram.