PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS STEM TERHADAP KREATIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP ASAM BASA SISWA MAN 2 KABUPATEN GORONTALO

MOH. IZWARTO PIYOHU (441419003)
Skripsi
Pembimbing
Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si. (0027036306)
Julhim S. Tangio, S.Pd., M.Pd. (0028087508)
Tanggal Upload
06-06-2023
Abstract

Moh. Izwarto Piyohu, 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbasis STEM Terhadap Kreativitas dan Pemahaman Konsep Asam Basa Siswa MAN 2 Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si dan Pembimbing 2 Julhim S. Tangio, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning berbasis STEM terhadap kreativitas dan pemahaman konsep asam basa siswa MAN 2 Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan subyek 42 siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 MAN 2 Kabupaten Gorontalo. Data yang digunakan pada penelitian ini berupa data tes angket kreativitas dan tes pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukan bahwa kreativitas siswa kelas eksperimen nilai rata-rata sebesar 75,13 dan kelas kontrol nilai rata-rata sebesar 63,87. Hasil tes pemahaman konsep untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 71,5 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 60,90. Hipotesis diuji menggunakan uji t. Dari hasil analisis menunjukan: 1) Diperoleh thitung > ttabel (2,75>1,684) artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbasis STEM terhadap hasil kreativitas siswa; 2) Diperoleh thitung > ttabel (2,51>1,684) artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbasis STEM terhadap pemahaman konsep siswa.