Sri Olisiskawati Salilama, 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbasis STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI pada Materi Asam Basa di SMA Negeri 1 Tapa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. Lukman A.R. Laliyo, M.Pd., M.M dan Pembimbing 2 Jafar La Kilo, S.Pd., M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI pada materi asam basa di SMA Negeri 1 Tapa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan subjek 82 siswa kelas XI IPA 1, XI IPA 2, dan XI IPA 3 di SMA Negeri 1 Tapa. Data yang digunakan pada penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil analisis kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh nilai rata-rata pretest pada masing-masing kelas eksperimen yaitu sebesar 11,0, 28,5, dan 24,2, sedangkan hasil posttest pada masing-masing kelas eksperimen yaitu sebesar 75,5, 81,8, dan 78,3. Hipotesis di uji menggunakan uji (t-Test: Paired Two Sample for Means). Dari data anilisis menunjukkan hasil pada masing-masing kelas P(T≤t) two-tail sebesar 0,000 pada taraf signifikan 0,05 artinya terdapat pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI pada materi asam basa di SMA Negeri 1 Tapa. Kata Kunci: Learning Cycle Berbasis STEM, Kemampuan Berpikir Kritis