MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA APLIKASI BLOOKET PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 20 PULUBALA

NIRMALA (151420159)
Skripsi
Pembimbing
Muhammad Sarlin, S. Pd, M. Pd., MCE (0001098604)
Nurainun M. Pd. (0025128607)
Tanggal Upload
17-01-2025
Abstract

Nirmala 2024. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Aplikasi Blooket Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 20 Pulubala. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Muhammad Sarlin, S. Pd, M. Pd., MCE, Pembimbing 2 Nurainun M. Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media aplikasi Blooket pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 20 Pulubala. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 14 orang. Adapun metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan teknik pengmpulan data observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media aplikasi Blooket yang digunakan pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 20 Pulubala. Pada siklus I, tingkat motivasi belajar siswa memperoleh rata-rata sebesar 57,33% kategori cukup (C) dengan rincian 2 orang siswa atau (14%) memperoleh kategori baik (B), 10 orang siswa atau (72%) memperoleh kategori cukup (C) dan 2 orang siswa atau (14%) memperoleh kategori kurang (K). Sedangkan pada siklus II, tingkat motivasi belajar siswa memperoleh hasil sebesar 84,73% kategori sangat baik (SB) dimana seluruh siswa memperoleh kategori sangat baik (SB). Dari seluruh tindakan pada penelitian tindakan kelas sudah dapat dikatakan berhasil sebab tingkat motivasi belajar siswa yang terdapat pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media aplikasi Blooket mampu meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 20 Pulubala. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Pembelajaran IPS, Media Aplikasi Blooket.