Mohamad Fazri Rezeky Isima, 2024. NIM. 411417066. Pengaruh Model Project Based Learning Pada Materi Pola Bilangan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII Smp Negeri 1 Kabila. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Evi P. Hulukati, M.Pd, (2) Drs. Franky Alfrits Oroh, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Project Based Learning dan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi pola bilangan di SMP N 1 Kabila. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian berupa posttest control group design. Penelitian ini berlangsung kurang lebih 1 bulan pada semester ganjil tahun 2023/2024. Seluruh siswa kelas VIII terlibat sebagai populasi. Adapun kelas VIII-H sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol ialah sampel penelitian. Kelompok yang diberikan perlakuan yakni kelompok eskperimen sedangkan kelompok yang tanpa diberi perlakuan ialah kelompok kontrol. Jenis tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam penelitian ini adalah post-test. Instrumen yang digunakan berbentuk essay atau uraian. Dari penelitian didapatkan hasil akhir, kemampuan memecahkan masalah matematika siswa lebih tinggi ketika dibelajarkan dengan model berbasis masalah daripada dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Keywords: project based learning, kemampuan pemecahan masalah matematika, pola bilangan.