PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 19 DULUPI KABUPATEN BOALEMO

SANDRA HELINGO (704522013)
Tesis
Pembimbing
Prof. Dr. Maryam Rahim, M.Pd (0018075910)
Dr. Rustam I Husain, S.Ag, M.Pd ( 000507750)
Tanggal Upload
22-01-2024
Abstract

Sandra Helingo, 2023. Pengembangan Media Interaktif Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 19 Dulupi Kabupaten Boalemo.Tesis.Pendidikan Dasar Pascasarjan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Maryam Rahim, M.Pd, Pembimbing II Dr. Rustam I Husain, S.Ag, M.Pd. Penelitian pengembangan media interaktif berbasis canva ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research anf Development (R&D) dan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahapan yaitu 1) Define 2) Design 3) Develop 4) Disseminate. Kavalidan produk dilakukan oleh ahli dengan lembar validasi ahli. Kepraktisan produk diuji cobakan ke guru dan keefektifan di uji cobakan ke siswa baik kelompok kecil kepada 5 orang siswa serta uji coba lapangan besar kepada 13 orang siswa dan dilanjutkan dengan membagikan angket dengan tujuan untuk melihat respon siswa terhadap media. Penelitian menggunakan instrument pengumpulan data angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat validitas pengembangan produk interaktif berbasis canva dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas V Sekolah Dasar menurut ahli materi memperoleh hasil 96.6%, ahli media memperoleh hasil 95% serta ahli Bahasa memperoleh hasil 95,5?n termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil kepraktisan media dari guru sebesar 84% yang dinyatakan sangat praktis. Dan hasil penelitian uji coba kelompok kecil oleh 5 orang dan uji coba lapangan oleh 13 orang siswa termasuk dalam kategori sangat efektif dengan persentase masing-masing sebesar 98?n 95.9%. Hasil pre-test dari 13 orang siswa terhadap peningkatan minat belajar memperoleh hasil rata-rata 34,4?n hasil post-test memperoleh hasil rata-rata 82,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media interaktif berbasis canva dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V sekolah dasar dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Media Interaktif, Canva, Minat Belajar