Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan juga mengetahui hasil belajar peserta didik dengan menggunakan bahan ajar Elektronik berbasis Inkuiri Terbimbing pada materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Subjek uji coba pada penelitian ini melibatkan 17 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Telaga Tahun Pelajaran 2023/2024. Bahan ajar yang dikembangkan mengacu pada model pengembangan ADDIE, yang dibatasi hanya sampai pada tahap Development dengan uji coba skala terbatas. Validasi dilakukan oleh 3 validator, yaitu validator isi, validator konstruk, dan validator guru IPA. Kepraktisan dinilai berdasarkan instrumen penilaian keterlaksanaan pembelajaran, instrumen penilaian aktivitas peserta didik dan juga instrumen penilaian respon peserta didik. Hasil belajar dinilai berdasarkan tes (pretest dan posttest). Hasil penelitian menunjukan bahwa Bahan ajar elektronik berbasis inkuiri terbimbing layak digunakan. Hal ini dilihat dari hasil validasi isi dengan kategori sangat valid, validasi konstruk dengan kategori valid, validasi guru dengan kategori sangat valid. Nilai uji kepraktisan menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan kategori sangat baik. Aktivitas peserta didik dengan kategori baik. Respon peserta didik dengan kategori sangat layak. Penilaian hasil belajar (pretest-posttest) memperoleh nilai analisis N-Gain 0,5 termasuk dalam kategori sedang. Dengan demikian bahan ajar Bahan Ajar yang dikembangan dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di SMP Negeri 2 Telaga.