PENGEMBANGAN MODUL AJAR IPA BERBASIS KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENGOPTIMALKAN PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI GERAK

AMNA ABDULLAH (706523003)
Tesis
Pembimbing
Prof. Dr. H. Mursalin, M.Si. (0012045710)
Dr. Muhamad Yusuf, S.Pd., M.Pd. (0018107508)
Tanggal Upload
05-06-2025
Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka untuk mengoptimalkan pengetahuan konseptual siswa pada materi gerak (2) Menghasilkan modul ajar berbasis kurikulum merdeka untuk mengoptimalkan pengetahuan konseptual siswa pada materi gerak yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Penelitian dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 3 Satap Tabongo Kabupaten Gorontalo. Berdasarkan hasil validasi dari tiga validator, persentase rata-rata modul ajar sebesar 81,25% yang termasuk dalam kategori sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran materi gerak. Berdasarkan kepraktisan dari hasil penelitian diperoleh skor 93,18?ri keterlaksanaan aktivitas guru dan hasil respon siswa juga menunjukkan tanggapan yang sangat baik dengan respons positif sebesar 92,11%. Keefektifan diperoleh dari hasil observasi aktivitas siswa sebesar 91,67%. Hasil ini menunjukkan bahwa modul ajar sangat praktis untuk diterapkan dalam pembelajaran di Kelas VII. Peningkatan Pengetahun Konseptual peserta didik pada materi gerak di SMP Negeri 3 Satap Tabongo dilihat dari 3 indikator, yaitu : Klasifikasi, generalisasi dan Pengetahuan tentang Teori. dengan peningkatan nilai N-gain sebesar 0,71 ( ≥ 0,7) termasuk kriteria N-gain tinggi. Kata kunci: Modul Ajar, Merdeka Belajar, Pengetahuan Konseptual Siswa.