PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK PADA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS VI NO 9 KOTA BARAT

FELIX ADEPUTRA UNA (411417053)
Skripsi
Pembimbing
Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd (0003066007)
Drs. Yamin Ismail, M.Pd (0003066007)
Tanggal Upload
01-06-2023
Abstract

Felix Adeputra Una, 2023. Pengembangan media pembelajaran berbasis komik pada materi bilangan bulat di kelas VI SDN No 9 Kota Barat. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, (2) Drs. Yamin Ismail, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis komik yang memenuhi kriteria sesuai untuk dipergunakan dalam pembelajaran matematika. Kriteria kevalidan, kelayakan dan kepraktisan dapat dilihat berdasarkan hasil penilaian media pembelajaran tersebut dari 1 ahli dalam media dan 2 ahli materi pembelajaran, respon 1 orang guru dan 13 orang siswa kelas VI terhadap media komik terseut. Jenis penelitian ini ialah penelitian pengembangan atau sering disebut Research and Development (R&D). Tahap-tahap model pengembangan 4D antara lain: (1) Pendefinisian (define). Tahap pendefinisian ini dilaksanakan guna menentukan dan mendefinisikan persyaratan dalam pengembangan media pembelajaran berbasis komik dengan menganalisis 4 tahapan kegiatan yang dilakukan berdasarkan wawancara oleh salah satu guru di kelas VI SDN 09 Kota Barat. (2) Tahap perancangan (Design). Tujuan dari tahap perancangan yakni mempersiapkan prototype media pembelajaran berbasis komik berlandaskan data-data yang didapatkan dari tahap pendefinisian. (3) Tahap Pengembangan (Develop). Tahap pengembangan merupakan tahap untuk menghasilkan sebuah produk pengembangan. Tahap ini terdiri dari dua langkah yaitu validasi ahli yang disertai revisi dan uji coba pengembangan. Didalam penelitian ini tahap disseminate hanya dilaksanakan secara terbatas, dimana media pembelajaran berbasis komik ini hanya disebarkan disekolah yang akan dilakukan penelitian. Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Komik Education, materi bilangan bulat, Pengembangan Menggunakan Prosedur 4D.