ARIE ANANG SETYO. 2023. Pengembangan Bahan Ajar Multimodal Mata Kuliah Geometri Analitik Berbasis TPACK dan Keterampilan Abad 21 (4Cs). Program Doktor Pendidikan. Promotor: Prof. Dr. Sarwon W. Pomalato, M.Pd. Co-Promotor I: Prof. Dr. Evi P. Hulukati, M.Pd. Co-Promotor II: Dr. Tedy Machmud. M.Pd Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengembangkan bahan ajar digital multimodal pada mata kuliah geometri analitik berbasis TPACK dan keterampilan abad 21 (4Cs) pada program studi pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Sorong sesuai dengan tahapan model pengembangan ASSURE. (2). Menganalisis respons dosen dan mahasiswa terhadap bahan ajar digital multimodal berbasis TPACK dan keterampilan abad 21 yang dikembangkan. (3). Menganalisis efektivitas pengembangan bahan ajar digital multimodal berbasis TPACK dan keterampilan abad 21 (4Cs) untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis, keterampilan berfikir kreatif, komunikasi dan kolaborasi. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan pada program studi pendidikan matematika universitas Muhammadiyah sorong pada semester genap tahun akademik 2021/2022 dengan subjek penelitian 12 orang dosen dan 48 orang mahasiswa yang berasal dari semester 2 sampai semester 8. Pengembangan bahan ajar dilakukan dengan tahapan: (1) Mengidentifikasi karakteristik mahasiswa yang diteliti. (2) Menetapkan tujuan pembelajaran untuk setiap topik dalam bahan ajar. (3) Memilih media yang akan digunakan dalam pengembangan bahan ajar berdasarkan tujuan pembelajaran, karakteristik mahasiswa, berbasis TPACK dan keterampilan abad 21 (4Cs). (4) Mendesain dan mengembangkan bahan ajar digital multimodal yang berisi konsep materi sesuai tujuan pembelajaran mata kuliah geometri analitik. (5) Melibatkan partisipasi aktif mahasiswa. (6) Tahapan terakhir adalah proses evaluasi dan revisi bahan ajar. Hasil respons dosen dan mahasiswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan sangat positif yang menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sudah sesuai untuk meningkatkan motivasi dan ketertarikan belajar mahasiswa, materi dan penyajian sudah sesuai dengan karakteristik dan kurikulum, Bahasa dalam bahan ajar sudah memenuhi aspek keterbacaan dan memuat multimodal, TPACK, serta dapat mengakomodir keterampilan abad 21 (4Cs) mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar digital multimodal yang dikembangkan memenuhi kriteria\ valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, komunikasi, dan kolaborasi mahasiswa program studi pendidikan matematika di Universitas Muhammadiyah Sorong. Kata Kunci: Bahan ajar digital multimodal, Geometri Analitik, TPACK, Keterampilan abad 21 (4Cs)