PENGARUH MEDIA SOSIAL FACEBOOK DAN MEDIA MARKETING TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA ANGKATAN 2020 PRODI S1 PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

DIAH ANGGRIANI ALBERT (911418140)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Umin Kango, S.Pd, M.Si (0012107902)
Ardiansyah, S.Pd, M.Pd (0027088903)
Tanggal Upload
22-12-2023
Abstract

Diah Anggriani Albert. NIM 911418140. 2023. “Pengaruh Media Sosial Facebook dan Media Marketing Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Angkatan 2020 Prodi S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Ibu Dr. Hj. Umin Kango, S.Pd M.Si Sebagai Pembimbing I Dan Bapak Ardiansyah, S.Pd, M.Pd Sebagai Pembimbing II Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mengetahui pengaruh media sosial facebook terhadap perilaku konsumtif mahasiswa, 2) untuk mengetahui pengaruh media marketing terhadap perilaku konsumtif mahasiswa, 3) untuk mengetahui pengaruh media sosial facebook dan media marketing terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada mahasiswa Angkatan 2020 Prodi S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Penarikan sampel dalam penelitian menggunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel 61 responden. Analisis data dalam peneltian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh secara parsial dan simultan media sosial facebook dan media marketing terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Angkatan 2020 Prodi S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Besaran pengaruh media sosial facebook dan media marketing terhadap perilaku konsumtif mahasiswa sebesar 80,1%. Besaran pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti sebesar 19,9% Kata Kunci : Media Sosial Facebook, Media Marketing, Perilaku Konsumtif