ABDUL MAZID SALIKO, 2024 Pengaruh Permainan Ice breaking Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas X Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Di SMA Negeri 1 Mananggu. Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I: Dr. Jusna Ahmad, M.Si, Pembimbing II: Ilyas H. Husain, S.Pd., M.Pd. Pembelajaran yang menoton sering kali menyebabkan kejenuhan pada peserta didik, sehingga diperlukan strategi yang inovatif untuk meningkatkan hasil belajar. Salah satu strategi yang dapat diterapkan adalah ice breaking yang bertujuan untuk mencairkan suasana kelas agar lebih menyenangkan dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh permaian ice breaking terhadap hasil belajar peserta didik kelas X pada materi klasifikasi mahkluk hidup di SMA N 1 Mananggu. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan pendekatan Pre-Eksperimental dengan desain One Group Pre-test-Post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test peserta didik adalah 41,33% sedangkan post-test 81,00%. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikan 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Peningkatan ini menunjukan bahwa ice breaking memiliki pengaruh dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterlibatan aktif peserta didik dalam proses belajar. Kata Kunci : Ice breaking, Hasil Belajar, Klasifikasi Makhluk Hidup