ANALISIS PERSONAL BRANDING PADA AKUN INSTAGRAM @ANANZAPRILI TENTANG SELF-DEVELOPMENT

TITA AMANAH RUMONDOR (291419082)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Yowan Tamu, S.Ag.,MA (0006087704)
Siti Mayasari Pakaya, S.Sos, M.I.Kom (0015059009)
Tanggal Upload
06-01-2024
Abstract

Pada era digital yang didukung dengan perkembangan teknologi komunikasi saat ini, Instagram menjadi salah satu media sosial yang paling populer dan paling banyak digunakan dalam menampilkan dan mengaktualisasikan diri seseorang di ruang publik. Seorang pengguna Instagram membentuk citra dirinya melalui setiap unggahan yang dibagikan yakni dengan melakukan personal branding. Penelitian ini membahas tentang analisis personal branding akun Instagram @ananzaprili tentang self-development. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana bentuk personal branding pada akun Instagram @ananzaprili tentang self-development. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitasi deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk personal branding akun Instagram @ananzaprili tentang self-development seperti aspek personal, sosial, dan spiritual memuat unsur sebelas karakteristik Authentic personal branding oleh Rampersad berupa Authenticity (keaslian), Integrity (Integritas), Consistency (konsisten), Specialization (spesialisasi), Authority (Wibawa), Distinctiveness (Kekhasan), Relevant (Relevan), Visibility (Visibilitas), Goodwill (Perbuatan baik), dan Performance (Kinerja).