PENGEMBANGAN MEDIA PROMOSI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA PERUMAHAN SAFA MARWAH DI KABUPATEN BONEBOLANGO

MOHAMAD SAFRI DJAFAR (531417079)
Skripsi
Pembimbing
Drs. Muh Rifai Katili, M.Kom., Ph.D. (0026056602)
Tajuddin Abdilah, S.Kom, M.Cs (0008127805)
Tanggal Upload
08-07-2024
Abstract

MOHAMAD SAFRI DJAFAR, pengembangan media promosi menggunakan teknologi augmented reality pada perumahan safa marwah di kabupaten bonebolango (Dibimbing oleh Drs. Muhammad Rifai Katili, M.kom, Ph.d. dan Tajuddin Abdillah S.Kom, M.Cs.) Augmented Reality merupakan salah satu teknologi komputer yang menghubungkan interaksi dunia nyata dan dunia maya, dengan memanfaatkan objek 3d teknologi ini mampu berinteraksi dan memberikan pemahaman yang mendalam bagi pengguna. Perumahan safa marwah adalah perumahan yang berlokasi di Kabupaten Bonebolango kecamatan Botupingge, Perumahan ini memiliki model perumahan 36 plus, dikarenakan lokasi perumahan yang jauh dari perkotaan maka proses penjualan perumahan safa marwah ini hanya menggunakan brosur dan social media sebagai proses promosi, dengan kata lain konsumen hanya dapat melihat foto atau gambar 2 dimensi dari perumahan. Permasalahan dalam proses promosi perumahan safa marwah di kabupaten bonebolango adalah belum adanya media promosi secara interaktif yang menjelaskan secara detail dari perumahan dalam bentuk visual 3 dimensi sehingga konsumen yang jauh dari lokasi perumahan tidak akan mengetahui bentuk dari setiap sudut perumahan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi teknologi Augmented reality yang dapat menampilkan objek 3D yang dapat digunakan sebagai media promosi perumahan yang ada pada perumahan safa marwah. Pengembangan sistem menggunakan metode MDLC, pengujian sistem menggunakan Blackbox dan pengujian kepuasan pengguna menggunakan metode SUS. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi teknologi Augmented reality sebagai media untuk mempromosikan Perumahan Safa Marwah yang ada di Kabupaten Bonebolango, sehingga aplikasi ini dapat menampilkan visualisasi 3 dimensi secara real time yang berupa bentuk, ukuran dan detail dari perumahan yang merupakan kelebihan dari media promosi ini. Kata Kunci : Teknologi, Augmented reality, Perumahan, Media Promosi.