PENGARUH STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN SOCIAL MEDIA DAN E-MONEY TERHADAP IMPULSE BUYING (STUDI KASUS CAFE JUSTMIE KOTA GORONTALO)

MOHAMAD RIZKI HASAN (931419161)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Zainal Abidin Umar, M.Si (0008026903)
Dr. Idris Yanto Niode, S.Pd, MM (0026107802)
Tanggal Upload
23-08-2023
Abstract

Mohamad Rizki Hasan, 2023, “Pengaruh Strategi Pemasaran Menggunakan Social Media Dan E-Money Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus Cafe Justmie Kota Gorontalo)”. Hasil Program Studi S1 Manajemen Jurusan manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Dr. Zainal Abidin Umar, M.Si. Bapak Dr. Idris Yanto Niode S.Pd, MM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Sosial Media dan E-Money berpengaruh terhadap Impulse Buying secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan 100 sampel responden pelanggan Café Jusmie Kota Gorontalo. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampel non probability sampling dan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji parsial dan uji simultan. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Sosial Media berpengaruh terhadap Impulse Buying ditunjukan dengan nilai t hitung 2,889>1,661, sedangkan E-Money berpengaruh terhadap Impulse Buying dengan nilai t hitung 7,722>1,661. Sedaangkan hasil penelitian uji F menunjukan F hitung 29,407 > F tabel 3,09 dengan taraf signifikan 0,05. Artinya Sosial Media dan E-Money secara simultan mempengaruhi Impulse Buying pelanggan Café Jusmie Kota Gorontalo. Nilai R Square dalam penelitian ini adalah variabel Sosial Media dan E-Money dalam menjelaskan variabel Impulse Buying sebesar 0,547 atau 54,7% masuk kategori sedang, 45,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini seperti variabel price discount, hedonism, cashback, dan lain-lain. Kata Kunci: Sosial Media, E-Money, Impulse Buying.