Sri Utari Adam. 2022. Pengaruh Kemampuan Berkomunikasi Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN 5 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Haris Mahmud, S.Pd., M.Si dan Pembimbing II. Muhammad Sarlin, S.Pd., M.Pd. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kemampuan berkomunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 5 suwawa kabupaten bone bolango. Metode Penelitian ini kuantitatif dengan sampel 43 orang. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel Purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan diatas maka disimpulkan bahwa Kemampuan Komunikasi Guru di SDN 5 Suwawa memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Besarnya pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru terhadap motivasi belajar siswa. Memiliki pengaruh kontribusi sebesar 68,4% terhadap variabel motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS, sedangkan 31,6% lainnya dipengaruhi faktor-faktor lain diluar variabel yang diteliti misalnya gaya mengajar guru atau komptensi guru dan lain sebagainya. Kata Kunci: Kemampuan Berkomunikasi Guru, Motivasi Belajar