Riri Indriyanti Yabudi. 2023. “Pembelajaran Menulis Naskah Fragmen Melalui Strategi Synergetic Teaching Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri I Bulango Selatan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik (FSB), Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Pembimbing I Ipong Niaga, S.Sn., M.Sn. Pembimbing II Dr. Mimy Astuty, Pulukadang, S.Pd., M.Sn. Penelitian ini merupakan penelitian yang berfokus pada pemahaman siswa dalam proses pembelajaran siswa. Bertujuan untuk dapat mengetahui keberhasilan penerapan Strategi Synergetic Teaching terhadap Pemahaman siswa mengenai pembelajaran Penulisan naskah fragmen. Objek penelitian adalah siswa kelasa VII SMP Negeri 1 Bulango Selatan Tahun 2022/2023. Pada mata pelajaran Seni Budaya. Berdasarkan Hasil penelitian yang telah dilakukan di SMP Negeri 1 Bulango Selatan selam kurang lebih 2 Bulan dengan waktu delapan kali pertemuan. Dalam proses penelitian dari awal sampai akhir siswa terlihat cukup aktif dalm proses pembelajaran dengan materi yang diberikan yaitu teknik menulis naskah fragmen, menggunakan strategi Synergetic Teaching. Siswa juga terlihat aktif dan tampil percaya diri dalam proses pembelajaran walaupun terdapat beberapa siswa yang sedikit kurang percaya diri pada saat pembelajaran Namun mereka paham dengan materi yang diberikan dan mau untuk mencari tau dan belajar tentang materi tersebut. Disamping itu, peneliti akan membantu meluruskan mengenai jawaban-jawaban siswa yang masih keliru. Dan juga memberikan dorongan kepada siswa yang masih belum percaya diri. Dengan adanya strategi ini siswa mengalami peningkatan dalam proses pembelajaran siswa lebih bersemangat dan lebih kreatif daLam mengembangkan bimajinasi dan menemukan ide-ide pikiran yang baru, siswa dapat memahami mengenai materi yang disampaikan serta tugas yang diberikan. Pada pembelajaran ini siswa sangat berperan dalam proses pembelajaran, siswa yang lebih paham terlebih dahulu mengenai materi yang diberikan akan membantu menjelaskan kembali kepada siswa yang belum paham sehinga mereka mau saling membantu dan mau belajar bersama. Kata Kunci : Menulis Naskah Fragmen Melalui Strategi Synergetic Teaching Pada Siswa.